Tidak Boleh Memakai Skincare Vitamin C dan Vitamin B (Niacinamide) Bersamaan. Bener Nggak Sih?




Seminggu ini, aku benar-benar lagi bingung banget tentang skincare products yang aku pakai setelah melihat video SKINCARE 101-nya Female Daily. Walaupun sebagian materi video yang di bahas di video tersebut sebenarnya sudah pernah di bahas di video Female Daily dengan Affi Assegaf dan Co-Founder NovExpert, Cyrille Telinge, yaitu tentang penggunaan skincare yang mengandung vitamin C dan vitamin B (Niacinimide) secara bersamaan. Di video tersebut dikatakan bahwa sebaiknya jangan menggunakan skincare yang mengandung vitamin C dengan vitamin B (niacinimide) secara bersamaan. Karena materinya banyak banget dan tidak aku catat, aku jadi lupa tentang pernyataan tersebut. Nah, setelah dibahas lagi di video SKINCARE 101 yang berjudul Tips Menggabung Skincare dan Bahan Aktif, aku jadi tergelitik untuk mengintip komposisi dari skincare yang aku punya.

Pertama kali aku terbesit buat melihat komposisi Garnier Yogurt Sleeping Mask yang sudah aku pakai satu botol sampai habis. Ternyata eh ternyata, di situ tertulis bahwa di urutan ketiga ada NIACINAMIDE yang sejatinya adalah Vitamin B dan di urutan hampir bawah ada LEMON EXTRACT yang biasa kita tahu pasti mengandung vitamin C. Pertanyaannya adalah mengapa dalam satu produk terdapat dua kandungan yang katanya jika dua kandungan itu dipakai secara bersamaan akan menghambat kinerja satu sama lain?

Sumber : www.skilled-daydreamer.com

Kedua, aku mencoba searching komposisi Garnier Light Serum SPF 19 yang biasa aku pakai tiap pagi (karena kardus kemasannya udah kebuang). Ternyata hasilnya adalah sama! Ada dua kandungan tersebut. Oke, sebelum saya bahas mengapa kedua kenyataan tersebut berbeda dari ulasan di video SKINCARE 101, ijinkan saya berbagi pengalaman saat memakai Garnier selama kurang lebih 8 tahun ini. Aku pakai Garnier sejak kelas dua SMA. Aku benar-benar tidak ingat skin undertone-ku sebelum memakai produk ini. Tapi, yang jelas dari SMA hingga sekarang face undertone-ku pink kemerah-merahan. Dengan teknik cocokologi, aku menggabungkan teori dari video tersebut bahwa dikatakan jika menggabung Vitamin C dan niacinamide, biasanya wajah jadi kemerah-merahan. Nah loh!! Jadi intinya, aku benar-benar tidak tahu kemerah-merahan ini akibat Garnier atau memang genetik.
Sumber : www.natashajs.com

Ketiga, aku iseng-iseng lihat komposisi lotion yang biasa aku pakai, Emeron. Dan ternyata produk ini mengandung Vitacinamide (campuran antara Vitamin C dan Niacinamide). Sumpah, aku jadi tambah pusing. Akhirnya aku mencoba cari di google tentang permasalah ini. Sebagian besar memang senada dengan yang diulas di video, tapi ada satu artikel yang aku temukan di www.paulaschoices.com yang membantah. 

Dikutip dari tulisan di www.paulaschoices.com bahwa pada tahun 1960an ada misconception pada sebuah penelitian bahwa bentuk vitamin C dan niacinamide pada penelitian tersebut tidak stabil walaupun niacinamide sendiri sangat stabil. Dasar formula yang dijadikan penelitan dulu sangatlah berbeda dengan formula skincare jaman sekarang. Saat ini, teknologi tahu bagaimana cara mengkombinasikan vitamin C dengan niacinamide untuk suatu produk yang ideal.

Hal yang jadi perhatian kita tentang penggabungan dua bahan ini adalah seputar PH. Ascorbic acid pada lingkungan yang asam akan membuat niacinamide berubah menjadi nicotinic acid yang membuat kulit sensitif dan kemerahan. Tapi konversi ini hanya terjadi jika saat formula terkena panas yang sangat tinggi untuk jangka waktu lama. Ini tidak berlaku selama pembuatan, pengangkutan, dan penyimpanan produk kosmetik yang mengandung niacinamide dan Ascorbic acid.

Jadi kesimpulan dari tulisan tersebut bahwa boleh-boleh saja melakukan layering skincare yang mengandung vitamin C dan niacinamide atau memakainya dalam satu produk. Sudah jelas, kan? Karena aku bukan ahli kimia, peneliti, dokter estetika, dll, maka aku menyerahkan semuanya pada kalian mau percaya yang mana. Saranku sih sebelum memilih skincare yang tepat, sebaiknya kamu cari tahu ingredients yang lengkap dari produk itu dan lihat review-review di internet. Semoga puas dengan penjelasan ini, yah.


Sumber :
www.paulaschohoice.com
Journal of Agricultural Food and Chemistry, 2006, issue 7, pages 2558-2562
Dermatological Surgery, 2005, issue 7 part 2, pages 860-865
International Journal of Cosmetic Science, 2005, issue 3, pages 155-160
Journal of Cosmetic Dermatology, 2004, issue 2, pages 88-93
Journal of Investigative Dermatology, May 2017, page S116
International Journal of Pharmaceutics, March 2017, pages 158-162; and January 2013, Pages 192-201
Facial Plastic Surgery Clinics of North America, May 2016 , pages 145-152
Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, July 2015, pages 405-412
Skin Pharmacology and Physiology, June 2014, pages 311-315


30 komentar:

  1. wahh jadi begitu ya kak, niacinamide dan vitamin c jangan di gunakan bersamaan, terimakasih atas penjelasannya..

    BalasHapus
  2. aku baru tahu kalau kita gak boleh menggunakan vitamin c dan niacinamide secara bersamaan..

    BalasHapus
  3. Intinya boleh aja kan kak ? Klo tanda2 gacocok apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja kok kak. tanda-tanda gak cocoknya biasanya kulit jadi memerah.

      Hapus
    2. Klo di aku malah jadi glowing kata temen aku :3

      Hapus
  4. aku punya aloe Vera soothing gel yg mengandung niacinamide dan facial c serum yg mengandung vit. C. nah apakah boleh kalo malamnya aku pake aloe nya sbg sleeping mask dan pagi hari setelah pakai skincare routine utk pagi pake facial c serum nya? terima kasih 😄🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kak. Yang penting nggak dipakai dalam satu waktu.jangan lupa kalau pakai facial c serum pagi hari harus pakai sunscreen untuk final skincare steps nya. 😊😊😊

      Hapus
  5. Boleh kak. Yang penting nggak dipakai dalam satu waktu.jangan lupa kalau pakai facial c serum pagi hari harus pakai sunscreen untuk final skincare steps nya. 😊😊😊

    BalasHapus
  6. Waahh.. Kebetulan aq pake garnier yuzu krim spf nya..
    Stelah sebulanan pakai baru ngeh kemarin pas acara diluar ternyata kulit ku jadi keliatan kusam kalo kelamaan diluar (karna aq keluar cuma pakai krim ini aja ga pakai lain2), kalo dirumah jarang ngaca karna kesibukan sama bocil
    Aq pikir karna aq ngga cocok sama kandungan niaciamide nya kali ya.. Pdhal warna kulit wajah aq lumayan naik 1 tone :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kasus seperti mba itu, sepertinya itu karena terlalu lama terkena sinar matahari. jika memakai produk skincare yg ada kandungan vit C dan niacinamide -nya, disarankan menambahkan sunblock setelah memakai krim jika hendak beraktivitas diluar ruangang dengan durasi yg cukup lama. Walaupun garnier sudah ada SPFnya, tapi kandungan SPFnya masih terlalu kecil untuk menangkal sinar matahari secara langsung.

      semoga membantu :)

      Hapus
  7. kak klo di Citra Fresh Glow Multifunction Gel Tomato Bright UV ada niacimide ama vit.c nya. Itu gpp kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa kak. sama kasusnya dengan Garnier yang aku pakai aja. Insya Allah aman dipakai :)

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kak aku lagi pakai serum the ordinary niacinamide pagi & malam . Tapi pagi setelah pakai serum niacinamide lanjut pakai moisturizer aloevera & sunscreen skin aqua . Stelah saya cek ternyata ingredientsnya ada kandungan magnesium ascrobyl phospate (nama lain vit.c) boleh gak ya kak ?
    Soalnya stelah pakai sunscreen biasanya muka agak gatel tpi cuma sebentar & sorenya mulai agak gatel lagi kak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak, ada dua kemungkinan.
      1. wajah kakak yg sensitif terhadap pencampuran niacinamide + vit c.
      2. Nggak cocok pakai sunscreennya.

      saran saya :
      1. coba hentikan pemakaian sunscreen-nya misal 3 hari-seminggu. Perhatikan , apakah rasa gatelnya masih ada. jika sudah hilang, berarti tidak cocok dg sunscreenya.
      2. jika saat menghentikan pemakaian sunscreen sensasi gatalnya masih ada, coba hentikan serumnya. tunggu sampai 3 hari- seminggu,jika sudah hilang, berarti tidak cocok dg serumnya.
      3. jika masih ada gatalnya lagi, hentikan krimnya tapi tetap pakai serumnya. tunggu 3 hari-seminggu.

      dengan percobaan cara diatas, kakak akan tahu sumber gatalnya dimana.

      SARAN saya sih, serumnya dipakai saat malam hari aja kak. kemungkinan juga gatal itu disebabkan karena layering skincare yang terlalu berat dan banyak. :)

      Hapus
  10. Ka mau tanya, toner aku ada niacinamade nya, trs serum aku ada vitamin C itu gmn. Oh iya toner merk everwhite dan serum scarlet yg brightening

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa digunakan secara bersamaan kak. coba kakak lihat lagi jenis vitamin c yg ada di tonernya apa ya? kalau misal vit c nya dalam bentuk ascorbic acid, disarankan jgn di barengin pakenya sama toner yg ada niacinamide.yang penting, paginya harus banget pake sunscreen jika terkena sinar matahari lebih dari 15 menit.

      Hapus
  11. Kak mau nanya kalau citra fresh glow tomato bright uv digabungkan dengan serum garnier kuning vitamin c apakah bole?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja kak. Krn citra fresh glow bekerjanya melembabkan ya.. Menurutku itu perpaduan yg bagus. Dan hasilnya pasti semi glow. Krn garnier matte banget

      Hapus
  12. aku juga memakai toner hatumogi dan essence loreal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasilnya jadi kenyul kenyul lembab dong kak. 😀

      Hapus
  13. Kak apakah boleh pakai toner Wardah dan cream Garnier dan citra tomato gel

    BalasHapus
  14. Hallo kak..
    Kandungan bha sama vit c kan gaboleh digabung.
    Nah dalam scarlet acne ada salicilyd=bha, lalu citra gel tomat ada vit c sm niacinamide. Jadi lebih baiknya gimana kak? Lebih baik makenya dipisah atau gapapa aja make barengan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak. Maaf baru balas. Sebaiknya tidak dipakai scr bersamaan kak. Takutnya kalau kulit wajah kakak nggak kuat. Saran saya, scarlet acne nya dipakai saat skincare night routine. Sedangkan citra gel dipakai saat morning routine, kak. Jangan lupa paginya pakai sunscreen sebanyak 2 jari tangan y kak. Agar hasilnya terlihat. Krn kalo pakai AHA/BHA malam hari, paginya harus banget dibarengi dg sunscreen agar kulit nggak photo sensitive. Semoga membantu kak. 😀😀😀

      Hapus
    2. Wah ok terimakasih banyak balasannya kak☺ tp jd bingung utk moistnya stlh pakai scarlet mau make apa yg pas xixii

      Hapus
    3. hai kak, aku mau update nih... gapapa kalo dipakai berbarengan, krn vitamin C dalam citra gel tidak dalam jumlah yang besar. jadi kemungkinan kecil utk menimbulkan iritasi saat digunakan berbarengan dengan salicilyd acid. yang perlu dihindari yaitu saat kandungan vitamin C nya ada diurutan 3 teratas kak.

      Hapus
  15. Jadi bingung maubpilih skincare....batu aja nyoba harnier light complete...yg siang pakai yg sakura....jdi gimna ini krim apa yg bagus buat kulit sya ya....tipe berminyak, ada bekas jerawat, banyak komedo..gk mulus ,bruntusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibaca 3 paragraf terakhir, kak. Garnier light complete bagus kok buat wajah berminyak dan kusam. dan baik untuk meghilangkan bekas jerawat. :)

      Hapus

Adsense